Kalender Upacara Adat Kemenuh Bali

Untuk mengetahui lebih jauh tentang upacara adat yang ada di Desa Kemenuh, sesuaikan kedatangan Anda untuk berkunjung ke Desa Kemenuh dengan upacara-upacara adat yang ada dalam kalender ini.

Tahun 2018
  1. Januari
  2. Februari
  3. Maret
  4. April
  5. Mei
  6. Juni
  7. Juli
  8. Agustus
  9. September
  10. Oktober
  11. November
  12. Desember

Kalender Bali disebut dengan kalender Saka Bali, memiliki sistem penanggalan yang berbeda dengan kalender Masehi, Saka India, Hijriyah, Jawa, dan sebagainya. Perhitungan kalender Bali berdasarkan posisi bulan dan matahari, terutama ditentukan saat bulan penuh (purnama) dan bulan mati (tilem). Rentang waktu dari bulan purnama ke bulan tilem adalah 15 hari, begitu juga sebaliknya, sehingga total hari dalam satu bulan kalender Bali rata-rata adalah 30 hari. Kalender Bali bisa dikatakan istimewa karena penanggalannya yang bersifat "konvensi atau kompromistis", karena sepanjang berjalannya waktu masih bisa disesuaikan berdasarkan kondisi kekinian.

Dalam satu tahun kalender Saka Bali memiliki 354 hari, berbeda dengan kalender masehi memiliki 365 hari. Penamaan bulan pada kalender Bali disebut "sasih", terdapat 12 sasih (bulan) dalam satu tahun, namun karena jumlah hari masing-masing sasih berbeda dengan kalender masehi maka penanggalan Bali jauh berbeda dengan kalender masehi. Karena sifat kalender Bali yang kompromistis, maka di Bali memiliki kalender sendiri yang disesuaikan dengan kalender masehi. Dalam kalender Bali dilengkapi juga dengan waktu yang baik atau buruk untuk melaksanakan: bercocok tanam, panen, upacara-upacara di pura-pura besar/kecil, upacara ngaben, perkawinan, potong gigi, dan lain sebagainya.

Dalam memilih upacara keagamaan maupun untuk kepentingan masing-masing masyarakat, orang Bali selalu mengacu pada kalender miliknya, agar apa yang mereka lakukan diberikan kebaikan. Semua upacara keagamaan di Bali dicatat berdasarkan hari (rahina) maupun wuku-nya oleh masing-masing masyarakat yang terkait dengan pura-pura tertentu. Bisa dikatakan upacara keagamaan di Bali berlangsung tiap 6 bulan kalender masehi, jadi dalam satu tahun upacara di satu pura bisa terlaksana sebanyak 2 kali. Untuk itu dalam kalender upacara ini, kami menginformasikan kepada masyarakat luas tentang upacara-upacara keagamaan pura-pura di Desa Kemenuh maupun upacara-upacara yang diselenggarakan oleh umat Hindu. Bagi anda yang berminat datang ke Desa Kemenuh, anda bisa menyesuaikan kedatangan anda berdasarkan kalender upacara yang ada dalam website ini, sehingga anda dapat melihat aktivitas keagamaan yang ada di Desa Kemenuh.